Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Buram

Posted on

Cara Memperbaiki Kamera handphone Android Yang Buram – Di Era seperti sekarang, peran teknologi seperti smartphone tentu sangatlah penting. Hampir dari seluruh aspek kehidupan kita tidak bisa jauh dari yang namanya teknologi. Seperti yang kita tahu bahwa teknologi digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita. Salah satunya adalah hp seperti smartphone. Selain bisa dijadikan sebagai pusat informasi, smartphone juga banyak digunakan untuk beberapa hal lain seperti chatting, bermain game, belajar, bahkan mengabadikan momen dengan kamera.

Akhir-akhir  ini kebanyakan kamera smartphone memiliki kualitas yang cukup tinggi sekitar 8 MP hingga 20 MP sehingga gambar yang dihasilkan tidak kalah dengan hasil kamera DSLR. Terlebih lagi sekarang banyak fitur tambahan yang disediakan oleh smartphone. Selain hasil tembakan kameranya bagus, kita juga bisa memilih filter agar foto menjadi lebih fotogenik. Tentunya kita juga ingin memotret terus menerus bila kamera yang kita miliki punya kualitas prima.

Tetapi ternyata banyak juga masalah yang sering terjadi pada kamera hp smartphone, seperti kamera ngelag, tidak mau mengambil gambar/memotret, dan masalah lainnya adalah kamera buram. Jika sudah digunakan cukup lama biasanya masalah yang sering dialami para pemilik smartphone adalah kamera buram. Dan kali ini saya akan share tips cara memperbaiki kamera hp android yang buram. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tips cara memperbaiki kamera hp android yang buram.

1. Debu Menempel Pada Lensa

Masalah yang pertama adalah adanya debu yang menempel pada lensa. Masalah ini sangat sering terjadi apalagi bagi kamu yang sudah lama menggunakan satu smartphone. Karena selalu dibawa kemana saja, tentu banyak debu yang menempel. Karena waktu yang cukup lama akhirnya debu tersebut menumpuk dan menutupi lensa kamera. Nah cara mengatasinya tidaklah terlalu sulit. Yang perlu kamu lakukan adalah cukup membersihkan lensa tersebut. Caranya buka casing belakang hp kamu, lalu bersihkan dengan menggunakan tisu yang telah dibasahi dengan minyak kayu putih atau cairan pembersih layar. Usap hingga tutup kamera bersih, bila perlu berihkan juga casing belakang smartphone kamu agar debu yang menempel di casing juga hilang. Dengan begitu gambar yang dihasilkan tidak buram lagi. Untuk perawatan sebaiknya kamu rutin membersihkan casing belakang dan lensa kamera agar masalah kamera buram tidak terjadi lagi.

2. Lensa Berembun

Masalah berikutnya adalah lensa buram karena berembun. Biasanya masalah ini timbul karena mesin hp panas dan hawa panas tersebut akan menguap menjadi embun dan menutupi lensa kamera. Atau masalah lensa berembun juga bisa disebabkan karena ketika kamu berada pada daerah dataran tinggi yang memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi sehingga akan muncul embun di lensa kameramu.

Masalah ini bisa kamu atasi dengan mengeringkan lensa kameramu menggunakan hair dryer. Pertama matikan smartphone kamu lalu buka dulu casing belakang smartphone, kemudian arahkan hair dryer ke semua sisi lensa kamera. Jangan mengeringkan dengan jarak terlalu dekat karena bisa saja berpengaruh pada komponen smartphone yang rentan terhadap panas. Kamu juga bisa menggunakan tisu untuk menjangkau sudut-sudut yang kemungkinan ada embun didalamnya. Jika kamu sudah melakukan pengeringan tetapi kamera masih buram, coba biarkan beberapa saat terlebih dahulu karena biasanya jika sudah benar-benar kering kamera akan pulih dengan sendirinya.

3.Tutup Lensa Tergores dan Kusam

Permasalahan yang kami sampaikan terakhir adalah kamera buram karena tergores. Karena sering dibawa kemana-mana, kamu tentu sering menaruh smartphone pada berbagai tempat, bahkan kamu terkadang tidak menyadari jika telah menaruh smartphone pada tempat yang kotor dan kasar sehingga bisa saja terjadi goresan pada tutup lensa.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi yang kita gunakan harus berwarna putih. Caranya cukup oleskan pasta gigi pada permukaan penutup lensa untuk menutupi goresan lembut yang ada pada tutup tersebut. Kemudian ratakan dengan tisu. Dengan begitu maka goresannya akan menjadi semakin halus bahkan tidak terlihat. Bila goresan terlalu besar cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Namun kemungkinannya sedikit karena untuk mendapatkan tutup lensa yang sesuai dengan smartphone yang sama dengan milikmu merupakan hal yang cukup sulit. Jadi lebih baik lebih berhati-hati saja dan menghindari penyebab masalah tutup lensa tergores.

Nah itu tadi tips cara memperbaiki kamera hp android yang buram. Sebaiknya untuk menghindari masalah tersebut kamu cukup membeli casing pelindung agar debu atau penyebab lain tidak mengenai lensa kamera secara lengsung.

Bagaimanapun Lebih baik menghindari daripada mengobati 

Demikian artikel tentang tips cara memperbaiki kamera hp android yang buram. Jangan lupa share artikel diatas melalui akun sosial media anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *