Cara Flashing Oppo R831K Neo 3 Lengkap

Posted on

Kali ini saya akan mengulas secara lengkap tentang cara flashing oppo neo 3 R831K. Kami sebenarnya sedikit tahu tentang keluhan yang anda alami, akan tetapi kami hanya akan sampaikan seperti pengalaman yang saya alami sendiri sebagai profesi yang hampir setiap hari menangani permasalahan software.

Jikalau anda mengalami yang menurut anda permasalahan software pada oppo neo 3 R831K sebaiknya cermati dulu apa penyebabnya. Karena sering kali saya menemukan permasalahan oppo neo 3 R831K bootloop itu tidak selesai hanya dengan anda melakukan flash.

Tapi beberapa yang saya temukan memang permasalahan hp bootloop oppo neo 3 r831K itu memang bisa selesai hanya dengan melakukan flash. Tahukah anda ciri-ciri oppo neo 3 R831K yang bisa selesai hanya dengan melakukan flashing ulang? kami sampaikan beberapa ciri-ciri handphone oppo neo 3 r831k yang bisa sembuh hanya dengan melakukan flashing ulang dan hal ini hanya sebuah sharing ilmu yang telah saya pelajari selama menjadi teknisi sampai saat ini, jika anda mempunyai tambahan dan pengalaman yang berbeda bisa sampaikan di kolom komentar.

Ciri-ciri oppo neo 3 r831k yang bisa sembuh hanya dengan melakukan flashing ulang :

  1. Oppo  neo 3 r831k yang anda gunakan hanya mengalami lemot atau lambat dalam menjalankan perintah
  2. Hp tersebut terjadi restart sendiri ( tapi itu juga bisa terjadi karena switch on/off  stay contact atau manjer )
  3. HH mengalami hank dalam posisi standbye yang diakibatkan karena malware yang mengambil alih system pokok dari OS anda, biasanya akan muncul iklan sendiri atau semacam penawaran download aplikasi secara terus menerus.
  4. Bootloop, Tapi jikalau dalam bootloop itu hanya tetap tanpa efek yang berjalan dalam logo pertama oppo saat loading, kami bisa pastikan 99% hp itu tidak bisa sembuh dengan melakukan flash ulang.
  5. Hp tidak mau menyala tetapi masih ada getaran yang terjadi saat kita menyalakan hp tersebut ( sebagian hal ini diakibatkan karena lemahnya emmc dan hal ini harus dilakukan perbaikan atau ganti ic tersebut )

Mengapa saya perlu sampaikan demikian, karena kami khawatir jika anda kurang paham dalam melakukan flashing oppo neo 3 r831k akan sia-sia belaka. Kami sendiri pernah mengalami hal serupa. Dulu kami menemukan handphone oppo neo 3 r831k yang bootloop, tapi karena itu merupakan hal baru (awal-awal keluarnya hp tersebut ) maka saya segera melakukan tindakan flash ulang yang tentunya harus mencari dari hasil back up sendiri file tersebut.

Setelah saya melakukan dengan cara flash oppo neo 3 r831k dari file hasil back up an tersebut hasilnya tetap zonk alias nol, dan hp itu masih saja bootloop. Lalu saya  mencari dari browsing di internet , setelah selesai download saya coba melakukannya flash ulang lagi, dan hasilnya lagi-lagi tetap telor angsa alis nol.

karena saya terus penasaran maka saya sampai minta tolong kepada teman untuk minta file yang dulu pernah berhasil dalam melakukan flashing oppo neo 3 r831k tersebut. Lagi dan lagi hasilnya nihil. Nggak kebayang capeknya dulu dalam usaha memperbaiki handphone itu. Dengan lasan itulah saya menyampaikan hal ini dengan panjang agak lebar.

Akan tetapi jika hh anda memenuhi kriteria dari ciri-ciri handphone oppo neo 3 r831k seperti yang saya sampaikan diatas, bolehlah kita lanjutkan dengan flash ulang. Bagaimana jika tidak ada dalam kriteria tersebut ? kami katakan ” gak ada salahnya mencoba”. dan paling tidak kita sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menyembuhkan penyakit tersebut.

Dan mari kita uraikan satu per satu pokok yang menjadi topik ini yaitu cara flashing oppo neo 3 R831K. Cara flash atau upgrade oppo neo 3 r831k ada 2 yaitu:

  1. Menggunakan komputer/laptop, dan ini juga masih terbagi dalam tool yang digunakan. Tool-tool tersebut antara lain ufi box, miracle box, dan sp flashtool (gatris). Dan sebenarnya masih banyak box flash yang lain, akan tetapi saya sampaikan yang kebanyakan digunakan.
  2. Via SD card, cara ini juga praktis dan gratis.

Dan disini kami hanya akan membagikan cara yang secara gratis dan praktis yakni cara flashing oppo neo 3 r831k menggunakan flashtool dan sd card/ mmc. Tapi meskipun cara ini gratis, saya sudah membuktikan cara ini cukup efektif untuk mengatasi oppo neo 3 r831k yang bermasalah. baik, segera kita beranjak ke cara tersebut.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831k Dengan SP Flashtool

Bahan Flash Stock ROM atau  Firmware Oppo Neo 3 R831K Menggunakan SP Flash Tool :

  1. Komputer / Laptop
  2. Kabel Data USB penghubung antara handphone dan komputer
  3. Software SP Flash Tool :
    • SP Flash Tool V5.6120–> Unduh di Sini
    • SP Flash Tool V5.6116–> Unduh di Sini
    • SP Flash Tool V5.1343–> Unduh di Sini
    • SP Flash Tool V3.1344–> Unduh di Sini
    • SP Flash Tool V3.1312–> Unduh di Sini
  4. USB Driver –> Unduh di Sini setelah diunduh , lakukan penginstalan
  5. Stock ROM Firmware Oppo Neo 3 R831K –> Unduh di Sini

Langkah-langkah Cara Mengatasi Oppo Neo 3 R831K Bootloop dengan Flash Tool :

  1. Download salah satu versi SP Flash Tool, USB Driver, dan Stock ROM Firmware Neo 3 R831K di atas 
  2. Ekstrak SP Flash Tool, USB Driver dan Stock ROM Firmware Oppo Neo 3 R831K 
  3. Instal USB Driver ( Lewati langkah ini jika usb driver sudah terinstal di Laptop atau PC Anda) 
  4. Buka folder hasil ekstrak SP Flahtool dan cari file flashtool kemudian buka dengan klik kanan dan pilih Run as aadministrator 
  5. Hal ini akan membuka SP flastool secara prosedur yang benar untuk menjalankan sebuah perintah itu. 
  6. Setelah terbuka, silahkan pilih scatter file dengan klik scatter loading 
  7. Silahkan menuju Folder Firmware / Stock ROM Oppo Neo 3 R831K, selanjutnya cari dan bukalah file Android_scatter 
  8. Jika file Android_scatter sudah dibuka, maka akan muncul tampilan seperti ini, dan tekan Download Matikan ponsel (copot baterainya jika baterainya masih terpasang kemudia pasangkan lagi ) Hubungkan handphone Anda dengan komputer/laptop dengan kabel data USB 
  9. Tekan tombol volume Up atau volume Down untuk mempercepat koneksi antara Ponsel dengan PC. Lewati langkah ini jika ponsel langsung terkoneksi dengan komputer/laptop. 
  10. Jika proses berjalan dengan normal, maka progres bar bagian bawa SP Flash Tool akan ada indikator warna yang bergerak dari warna merah kemudian berlanjut dengan tanda berwarna kuning sedang berjalan, dan tunggulah sampai 100% komplit 
  11. Jika flash selesai akan ditandai dengan munculnya lingkaran hijau 
  12. Selesai. Silahkan cek keberhasilan flashing ulang anda.
    catatan : jangan lupa untuk menghilang centang pada preloder, karena jika file tersebut tidak cocok akan berakibat matinya hp tersebut. Dan jika hal ini masih gagal cobalah melakukan format dan sebelumnya lakukan back up total seluruh file firmware anda.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831k Via SDcard

Download bahannya terlebih dahulu  Stock ROM Oppo Neo 3 R831K
  • Setelah selesai download copy ke mmc/sd card anda (sebaiknya diluar folder)
  • Masukkan kedalam handphone yang tentunya dalam keadaan  dimatikan terlebih dahulu;
  • Masuk ke Recovery mode ( trik umum untuk oppo biasanya menekan dan tahan tombol power dan tombol volume down)
  • Pilih bahasa
  • Lakukan wipe data dan cache terlebih dahulu samapi selesai
  • Pilih Instal From SD dan pilih file yang telah dicopy ke mmc tadi
  • Tunggu sampai selesai
  • Setelah selesai Reboot handphone anda

Catatan : setelah selesai dan berhasil jika ingin matikan handphone sesuai prosedur , jangan main asal cabut baterai aja…

Cara ini tidak menjamin sembuhnya untuk oppo neo 3 r831k bootloop yang notabene sudak akut yang ditandai dengan seperti ciri-ciri yang saya uraikan diatas pada nomor empat.
Demikian uraian singkat tentang cara flashing oppo neo 3 r831k yang bisa saya sampaikan. jika masih ada pertanyaan bisa sampaikan di komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *